Review 11th Album L'arc-en-CieL KISS(2007)


KISS, album ke-11 mereka yang dirilis pada tahun 2007 setelah vakum selama setahun di tahun 2006 untuk personilnya bersolo karir, menjadi album yang paling me-representasikan ciri khas musik mereka dari awal karir (album pertama DUNE) sampai saat ini (album AWAKE saat itu). Album ini menjadi album terbaik mereka dan cocok bagi semua orang yang ingin mengetahui dan mendalami musik mereka secara keseluruhan, karena semua elemen dari masa awal dan masa sekarang mereka terkumpul menjadi satu dalam album yang berisi 12 track ini. inilah puncak kematangan bermusik L'Arc~en~Ciel dengan musik yang unik dan beraneka-rasa. Tak perlu banyak kata, langsung saja kita bahas album KISS yang fantastis ini.

Released:
November 21, 2007

Genre:
Alternative Rock, New Prog

Length:
53:07

Producer:
L'Arc~en~Ciel

TRACK LIST
1. SEVENTH HEAVEN 5:01 (hyde)
2. Pretty girl 3:17 (ken)
3. MY HEART DRAWS A DREAM 4:16 (hyde/ken)
4. Sunadokei 4:35 (tetsu)
5. spiral 4:01 (yukihiro)
6. ALONE EN LA VIDA 5:12 (hyde/ken)
7. DAYBREAK'S BELL 4:11 (hyde/ken)
8. Umibe 4:33 (hyde/tetsu)
9. THE BLACK ROSE 3:38 (hyde)
10. Link -KISS Mix- 4:46 (hyde/tetsu)
11. Yuki no Ashiato 4:47 (hyde/ken)
12. Hurry Xmas 4:49 (hyde)


Review:
KISS (PERFECT ALBUM)
Album inilah puncak kematangan mereka dalam bermusik. Album ini kembali bernuansa seperti album-album awal mereka di gabung dengan sound modern dari album-album akhir mereka. Ada lagu-lagu yang dark dan psychedelic ala 'DUNE', 'Tierra', 'HEART' dan 'ray' seperti 'Sunadokei' yang merupakan salah satu lagu paling bagus di album ini, dengan nuansa dark dan psychedelic yang kuat terutama di bagian vokal hyde saat chorus yang terdengar sangat mengesankan dan powerful, sangat menyentuh dan emosional dengan harmoni yang pas dan terdengar seperti masa-masa awal mereka, permainan gitar ken disini sangat memberi atmosfer yang intens di tambah dengan permainan melodic tetsuya yang menguatkan harmoni dan semua itu beralaskan pukulan drum yukihiro yang pas dan tidak berlebihan. 'spiral', dengan sound dan irama yang cukup unik dari yukihiro, memberikan keunikan tersendiri di album ini. 'ALONE EN LA VIDA' dengan irama yang berbau spanish dan beratmosfir seperti lagu 'Tsuioku no Joukei' dari DUNE. Selanjutnya 'DAYBREAK'S BELL' track rock dengan drum yang menggebu-gebu mengingatkan kita akan permainan sakura dulu, juga dengan alur vokal yang sulit dengan banyaknya falsetto yang indah, permainan bass tetsu di sini sangat mengesankan dengan mengikuti alur beat drum dari yukihiro, terkesan sangat menyatu. Dan 'Umibe', track ballad dengan piano dan unsur techno yang sedikit mengingatkan kita pada lagu 'Fare Well' dari True.

Ada juga lagu-lagu yang bright dan jernih ala 'heavenly', 'True' dan 'ark' seperti track pembuka 'SEVENTH HEAVEN', track dance yang terdengar seperti 'Caress of Venus' dari True namun dengan sentuhan classic rock ala hyde, 'Pretty girl, karya ciptaan ken yang sedikit liar dan dirty ala 'Round and Round' dari album True, selanjutnya 'MY HEART DRAWS A DREAM' adalah track yang sangat mengingatkan kita akan ciri khas mereka dari akhir tahun 1990-an seperti album 'ark' dan 'ray'. Lagu ini di buka dengan permainan atmospheric gitar ken yang indah dan hanya di iringi oleh pad saja, hingga akhirnya semua instrumen bermain memainkan tema utama lagu ini. Track ini sangat mengesankan dan indah, terutama bagian chorus terakhirnya, mengajak kita untuk bernyanyi bersama. 'Link -KISS Mix-', merupakan lagu yang bernuansa cerah seperti suasana musim panas, sangat enak untuk di nikmati, dan merupakan lagu yang juga mengingatkan kita akan masa-masa 90-an mereka dulu, versi -KISS Mix- ini sedikit berbeda dengan versi singlenya, yaitu pada bagian pengisian fill guitar dan tidak adanya fade out seperti di single. Selanjutnya 'Yuki no Ashiato' adalah track ballad dengan kekuatan vokal hyde adalah kuncinya, dengan musik yang sedikit bernuansa gospel dari segi aransemennya meskipun beatnya sangat simpel. Terakhir ada 'Hurry Xmas', track jazzy yang menutup album ini dengan suasana kegembiraan natal dan aransemen orchestra yang sangat mengesankan seperti 'I Wish' dari album True, salut buat hyde dan ken untuk aransemennya yang fantastis.

Lalu ada Ada juga lagu yang experimental ala 'REAL', yaitu 'THE BLACK ROSE' yang merupakan track paling berat di album ini, dan terdengar agak aneh dengan aransemen brass yang ganjil, namun sangat hyde.

Semuanya itu di balut dengan sound modern ala 'SMILE' dan 'AWAKE'. Jadi sangat jelas bahwa album ini memang memiliki semua elemen dari album-album mereka yang sebelumnya dan menjadikan 'KISS' sebagai album yang sangat mencerminkan ciri khas L’Arc selain album 'ark' dan 'ray'. Album yang sangat wajib di miliki oleh para cielers maupun bukan cielers.
*****

Rating tracks:
1. SEVENTH HEAVEN *****
2. Pretty girl ****
3. MY HEART DRAWS A DREAM *****
4. Sunadokei *****
5. spiral ****
6. ALONE EN LA VIDA ****
7. DAYBREAK'S 'BELL *****
8. Umibe ****
9. THE BLACK ROSE ****
10. Link -KISS Mix- ****
11. Yuki no Ashiato ****
12. Hurry Xmas *****


hyde - vocals
ken - guitars
tetsu - basses
yukihiro - drums


NB: ALBUM KISS BANYAK BEREDAR DI INDONESIA DENGAN HARGA YANG CUKUP TERJANGKAU ANTARA 55.000 HINGGA 75.000...JADI PARA CIELERS SEJATI, BELI ORIGINAL YA! JANGAN BAJAKAN TERUS!!...
LINK DONWLOAD DI BAWAH INI KAMI BERIKAN UNTUK PARA MEMBER YANG BELUM BISA MEMBELI-NYA KARENA BERBAGAI MACAM KONDISI. NAMUN TETAP HASIL DOWNLOAD TAK BISA MENYAMAI KUALITAS ORIGINAL, TERUTAMA DARI SEGI KEPUASAN


LINK DOWNLOAD KISS (2007):
http://www.mirrorcreator.com/files/07I5JFHQ/LEC-KS2008.rar_links

LINK DOWNLOAD lokal:
http://www.indowebster.com/20071121_KISSrar.html


cover album:
http://www.facebook.com/photo.php?pid=150879&id=1803695512

1 komentar:

review album2nya keren abiiss..ketauan emank cielers sejati hehehee...dan gw setuju bgt sm kalimat "HASIL DOWNLOAD TAK BISA MENYAMAI KUALITAS ORIGINAL, TERUTAMA DARI SEGI KEPUASAN"
thanks kawan, jasamu abadi!

-cecil-

 

Posting Komentar